Morfologi Pohon Tabebuya

Tanaman Tabebuya adalah slaah satu jenis tanaman pohon dengan ukuran yang sangat besar dan tentunya tanaman ini terkenal karena  memiliki pertumbuhan bunga yang cukup indah, pohon tabebuya ini aslinya merupakan tananan yang berasal dari negara Brazil. Selebihnya,pohon tabebuya ini sering sekali disamakan dengan pohon sakura yang ada  di negara Jepang karena memang tabebuya ini mempunyai varian warna bunga yang sangat indah dan hampir mirip dengan bunga Sakura yang ada di Negara Jepang.

Morfologi Pohon Tabebuya

Pohon tabebuya ini juga memiliki beberapa kelebihan yakni pada bagian daun pohon nya yang bersifat tidak mudah rontok. Lalu pada bagian akar dari pohon tabebuya ini juga tidak mempunyai sifat merusak area halaman rumah atau tidak merambat ke area dinding tembok walaupun mempunyai struktur akar yang kokoh dan keras. Pohon tabebuya saat terjadi musim bunga akan terlihat sangat indah sekali karena akan emnampilkan mekarnya bunga dari tabebuya ini yang pastinya sangat lebat dan tentu saja dibarengi oleh warna yang sangat mencolok.

Baca Juga: Manfaat Utama Jeruk Ponkam

Pohon tabebuya ini sejatinya adalah tanaman pohon yang banyak memiliki bunga dengan berbagai macam warna. Namun pohon tabebuya yang sering dijumpai adalah pohon dengan warna bunga kuning dan berbentuk seperti terompet. 

Di Indonesia sendiri pohon tabebuya yang seperti ini sangat masif dan  sering dijumpai. Bunga dari pohon tabebuya ini tentunya memiliki ukuran yang digolongkan cukup panjang,yakni sekitar  13 – 18 cm, bunga tabebuya ini juga sangat dominan mempunyai bentuk menyerupai sebuah terompet, dan tentunya dapat tumbuh secara berumpun dan sangat baik. 

Warna bunga dari pohon tabebuya ini juga sangat bermacam – macam ada yang putih, merah muda, kuning, jingga, merah magenta, dan merah hati. Selain warnanya yang indah , bunga dari tanaman tabebuya ini juga dilengkapi dengan garis – garis vertikal dan horizontal dengan motif berwarna ungu dan orange.

Pohon tabebuya merupakan pohon sejenis pohon peneduh atau pelindung namun sekaligus juga bisa dijadikan sebagai salah satu pohon hias. Pohon tabebuya ini secara keseluruhan mampu berbunga dengan sangat banyak dan tidak akan pwrnah putus sejak awal musim kemarau sampai awal musim hujan. 

Habitat asli dari pohon tabebuya ini sebenarnya adalah daerah yang kering, sehingga pohon tabebuya ini memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kekeringan. Pohon tabebuya  ini dapat anda jadikan sebagai bibit untuk keperluan reboisasi ketika berada di wilayah hutan yang antah berantah,karena pada dasarnya tanaman tabebuya ini mempunyai ketahanan yang sangat  kuat dan tentu saja tidak perlu dirawat secara rutin. 

Pohon ini merupakan pohon hias yang tidak hanya populer di daerah beriklim tropis namun juga di daerah beriklim sub tropis. Pohon tabebuya juga tidak memerlukan perawatan yang banyak, cukup pemangkasan tangkai – tangkai pohon yang mati saja. Serangan hama dan penyakit juga jarang sekali menyerang pohon tabebuya ini.

Ciri utama yang didapat oleh pohon Tabebuya ini adalah:

Kayu

berwarna abu-abu pucat keputihan lurus berbutir relatif lembut dan simpul bebas pengering tanpa kesulitan dan sering digunakan dalam keadaan hijau atau basah untuk pekerjaan tukang bubur dan mangkuk ukiran.

Bunga

Bunga dari tanaman tabeuya ini sangat dominan sekali berwarna pink,merah serta kuning. Namun,ada pula yang mempunyai warna  ungu pekat dengan rata-rata diameter bunga hampir menyentuh 4 cm dan agak sedikit pipih di bagian bawah,daun ini cukup lebar dengan panjang hampir 3 cm.

Waktu yang tepat untuk memulai masa tanam pohon tabebuya ini antara musim semi hingga menuju ke musim gugur yang terjadi selang suhu antara 22- 24 derajat celcius.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>