Kemegahan Masjid Agung Trans Studio Kota Bandung

Bangunan Masjid Agung Trans Studio Bandung merupakan bangunan masjid yang sebelumnya telah terinspirasi oleh rancangan bangunan masjid Nabawi yang berada di kota Madinah. Masjid agung trans studio ini di dominasi oleh warna emas yang mana secara pribadi dihadirkan pada bagian eksterior masjid ini,pemilihan warna coklat, putih dan emas adalah salah satu keindahan tiada tara dari masjid ini.

Masjid agung trans studio ini mempunyai luas bangunan  kurang lebih 1800m2 dan terdiri atas dua lantai, yakni lantai dasar dengan megazine. Masjid ini juga mampu menampung jamaah hingga hingga 2000 jamaah. Sementara di area basement, juga ada Ballroom IBIS hotel Trans Studio Bandung, yang mana masing-masing memiliki luas area sekitar 1200m2. Ruangan ini bisa digunakan untuk banyak acara seperti resepsi, meeting serta buka puasa bersama ketika bulan Ramadhan tiba.

Kemegahan Masjid Agung Trans Studio Kota Bandung

Melihat dan merasa bahwa umat muslim saat ini sudah mumpuni dalam masalah perekonomian, apalagi dengan tolak ukur bahwa banyak antusias yang banyak dari beberapa pengunjung mall terutama dari kalangan ibu-ibu/muslimah yang datang dengan berpakaian yang sudah syar’i namun tetap fashionable.

Kondisi itu, bisa dilihat pada pusat-pusat keramaian atau tempat wisata yang di kun jungi masyarakat, hanya memiliki ruang mushala yang kecil. Tak jarang pula ditemu kan alat beribadah seperti mu kenah dan sarung yang kurang bersih. Begitu pun kondisi masjid atau mushala di pusat keramaian yang kurang diperhatikan. Akibatnya, masjid atau mushala di pusat keramaian pun lambat laun mulai identik dengan kon disi yang kumuh.

Maka, bapak Chairul Tanjung juga mempunyai inisiatif untuk membangun sarana prasarana untuk tempat peribadatan yang sesuai dengan masyarakat muslim menengah keatas di kawasan perbelanjaan dengan tujuan untuk memperhatikan pula dalam masalah ibadahnya. Itulah mengapa bahwa bangunan masjid ini dibangun di kawasan di dekat kawasan bisnis.

Masjid ini juga didedikasikan untuk ibunda Bapak Chairul Tanjung. Yang beliau mana merasa bangga dan senang ketika melihat anaknya yang sukses dengan berbagai macam lahan bisnis seperti perhotelan, pusat perbelanjaan, dan menjadi salah satu pendiri televisi swasta dan juga lain-lain yang mana dengan itu tidak membuatnya merasa bahwa anak tercintanya telah memiliki kesuksesan selagi tidak ada masjid yang anaknya bangun.

Pembangunan masjid agung trans studio ini setidaknya memakan waktu sekitar 2 tahun lamanya dan  akan mulai digunakan sebagai sarana ibadah pada bulan November tahun 2014. Pada awalnya, masjid ini hanya digunakan pada 4 waktu shalat saja yaitu Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Namun, pada bulan April 2015 barulah masjid ini membuka pelayanan jasa untuk shalat Shubuh.

Jika anda secara seksama melihat dari sisi luar bangunan masjid ini, maka nantinya akan ada sebuah ornamen yang menyerupai bangunan marmer putih serta granite dengan perpaduan warna coklat, abu-abu maupun warna hitam. Khususnya berada di bagian lengkungan masing-masing jendela yang mana pada bagian ini juga di bangun sangat mirip dengan lengkungan jendela yang ada pada bangunan masjid Nabawi. Apalagi pembuatan masjid ini juga sama-sama menggunakan marmer putih berkualitas sama dengan marmer Masjid Nabawi.

Sementara untuk bangunan kubah masjid ini terdiri atas 5 buah kubah yang mendapatkan balutan warna perak dan juga emas. Untuk kubah induknya dicat dengan warna emas, lalu juga ditambah dengan adanya lapisan emas murni lalu selanjutnya dilapisi kembali oleh ornamen dari bahan kaca atau (mozaik). Sedangkan pada bagian makara yakni pada bagian ujung kubah masjid bagian teratas juga dibuat dari bahan material kuningan yang telah dilapisi  dengan sedikit emas murni.

Bagian pada interior bangunan kubah masjid ini telah dihiasi beragam banyak kaligrafi yang mana menuliskan potongan ayat suci al quran yang akan menambah keindahan interior pada bangunan  kubah masjid ini.

Nuansa warna keemasan yang sangat kental juga bisa anda jumpai di bagian interior masjid khususnya di bagian depan atau aula masjid dan juga ada di area mimbar khotib. Sementara sebelah kanan atau di sebelah kiri mimbar juga telah dihiasi dengan kaligrafi bertuliskan Asmaul Husna yang diberi warna keemasan pula.

Pada interior masjid juga tersedia lampu gantung sebagai hiasan yang berwarna emas dengan tiga tingkatan yang memiliki berat mencapai 2,8 ton terlihat sangat indah dan megah. Ini semua menjadikan masjid ini sebagai salah satu masjid terindah dan termegah yang ada di Indonesia.

Bagian lantai dasar masjid juga dapat digunakan untuk tempat sholat utama. Sementara untuk lantai mezanine difungsikan sebagai tempat ibadah shalat yang kedua. Untuk lantai yang selanjutnya berupa lantai basement yang mana bisa digunakan sebagai ruangan serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk peringatan acara apapun.

Sementara untuk bagian struktur bangunan pada masjid ini,terdapat bagian bawahn atau pondasi berupa yang mana berupa material beton yang dijadikan sebagai dinding penahan pada struktur tanah beton. Struktur bangunan bagian atas masjid untuk balok dan juga plat lantainya juga menggunakan bahan dari bahan beton.

 Struktur bangunan kubahnya juga dapat menggunakan bahan material dari bahan beton. Interior pada masjid ini juga menggunakan struktur bangunan dari bahan marmer, gypsum, kuningan, fibros, dan juga sedikit bahan dari baja ringan. Namun bangunan kubahnya juga dilengkapi oleh mozaik yang ada di bagian dalamnya.

Bahan kubah dari beton ini memang memiliki kekuatan tekanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bahan kubah lainnya. Material beton bertulang memiliki ketahanan yang sangat tinggi baik terhadap api maupun air.

Apalagi bahan untuk dijadikan struktur ini juga termasuk bahan terbaik untuk sebuah bangunan yang sering bersentuhan dengan air. Selain itu juga, pada peristiwa kebakaran yang sering terjadi maka bahan-bahan ini akan di selaraskan dengan  intensitas rata-rata dan tahan api, maka batang-batang struktur pada ketebalan penutup beton akan sangat memadai dan sangat cocok untuk pelindung tulang penyangga bangunan masjid cuma  nantinya akan mengalami kerusakan di permukaanya saja dan tidak akan mengalami keruntuhan secara total.

Banyak juga bangunan masjid yang menggunakan material beton untuk kubahnya termasuk masjid Agung Trans Studio Bandung. Sehingga bagi anda yang akan membangun masjid dan ingin memilih bahan material yang cocok untuk bangunan masjid anda, bisa menggunakan material beton ini.

Setidaknya terdapat banyak sekali beberapa tamu agung yang pernah berkunjung ke mesjid ini. Salah satunya adalah Imam besar Masjidil Harom yaitu Syekh Adil Alkalbani dan juga muadzin dari Masjidil Haram serta ada juga tamu dari negara Palestina yang mana sempat mengisi salah satu tema kajian.

Tamu penting lainnya seperti Syekh Ali Jaber, Aa Gym, Mamah Dedeh, dan Ustadz Wijayanto. Selain itu, ada juga ada Indadari, Peggy Melati Sukma, Ummi Pipik Dian Irawati, dan juga tokoh masyarakat seperti halnya Gubernur Jawa Barat periode 2019-2024 yakni bapak Ridwan Kamil beserta istri, juga ada mantan Gubernur Jawa Barat periode 2009-2019 yakni Bapak Ahmad Heryawan beserta istri.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>