Bibit Jeruk Ponkam Siap Tanam

Tanaman Jeruk Ponkam merupakan salah satu varian lain dari tanaman jeruk.Yang mana jeruk ponkam ini sangat terkenal berasal dari Negara China,dan masih bermarga dengan Citrus. Yang mana buah Jeruk Ponkam ini salah satu varian buah jeruk yang memiliki banyak jenis akan turunannya dengan berbagai macam karakter dan juga ciri khas yang sangat berbeda- beda.

Bibit Jeruk Ponkam Siap Tanam

Buah jeruk ponkam ini dalam mitologi budaya Tiongkok memiliki lambang yang cukup istimewa. Buah Jeruk jenis pongam ini bahkan dilambangkan sebagai sebuah ’emas’, yang berarti kekayaan dan juga dapat mendatangkan keberuntungan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Mangga Irwin

Dalam bahasa Kanton pun, kata jeruk ponkam juga mempunyai bunyi seperti kata ‘sukses’. Karena itulah jeruk mandarin dan jeruk ponkam ini merupakan salah satu sajian wajib yang harus ada pada saat tahun baru. Sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran.

Pohon Jeruk Ponkam ini mempunyai ketinggian pohon  rata- rata mencapai 3 hingga  15 m dengan bagian pada batang dan juga ranting yang mempunyai banyak duri namun tidak tersusun secara rapat.

Pada bagian bunga nya memiliki mahkota berjumlah 5 helai (kadang hanya ada 4 saja ) lebih dominan mempunyai warna putih dan ada juga yang berwarna kuning pucat.

Buah Jeruk Ponkam ini banyak ditemukan dominan berbentuk bulat dan pada bagian kulitnya juga banyak yang mengandung jenis  minyak atsiri. Hama yang sering menyerang tanaman buah Jeruk Ponkam adalah sejenis kutu dan ulat bulu. Sedangkan penyakit yang sering menyerang buah Jeruk Ponkam adalah virus dan embun kala pagi hari.

Tanaman Jeruk Ponkam merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki ketinggian rata – rata  0 hingga 4000 mdpl. Untuk suhu nya juga sangat disesuaikan yang mana berfungsi untuk tanaman Jeruk Ponkam yang berkisar antara 25 – 30 derajat celcius atau rata – rata ketika suhunya mencapai 20 derajat celcius.

Tanaman buah Jeruk Ponkam ini juga sangat memerlukan curah hujan yang cukup yakni tidak melebihi kadar 1.200 mm per tahunnya,tanaman Jeruk Ponkam ini setidaknya harus ditanam di daerah yang memiliki cukup akan paparan sinar matahari apabila kurang sinar matahari maka hal ini akan berdampak dan juga mempengaruhi rasa pada buah Jeruk Ponkamnya, dengan kondisi semacam itu maka buah Jeruk Ponkam akan terasa sangat pahit dan kadang bercampur antara pahit dan masam. Tanaman Jeruk Ponkam juga sangat menyukai tanah yang sangat gembur.

Manfaat Jeruk Ponkam bagi tubuh

  • Dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit terutama sariawan, seperti yang kita ketahui bahwa buah Jeruk Ponkam ini sangat kaya akan kandungan vitamin C yang mana kandungan vitamin c di dalam buah Jeruk Ponkam sangat mendominasi dan juga berguna sekali dalam hal memberantas penyakit sariawan. Penyakit sariawan ini sebenarnya muncul karena tubuh kita sangat kekurangan asupan vitamin C.
  • Buah Jeruk Ponkam ini juga berfungsi sebagai zat antioksidan yang sangat dibutuhkan bagi tubuh, buah Jeruk Ponkam ini selain juga kaya akan kandungan vitamin C juga banyak mengandung zat anti radikal bebas. Hal ini tentunya sangat menyehatkan bagi tubuh kita.
  • Menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh,tanaman Jeruk Ponkam ini banyak mengandung pectin yang mana senyawa tersebut sangat berguna sekali untuk mengontrol kadar kolesterol  yang ada di dalam tubuh khususnya kolesterol yang bersifat jahat. Tentunya mengkonsumsi buah Jeruk Ponkam ini merupakan cara alami dan tentunya aman.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh, tentunya kandungan vitamin C yang ada dalam Jeruk Ponkam bukan hanya untuk menyembuhkan sariawan tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga tubuh kita lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit.

Budidaya bibit pohon Jeruk Ponkam

·         Syarat tumbuh pohon Jeruk Ponkam

Pohon Jeruk Ponkam ini tumbuh baik di daerah yang memiliki ketinggian mencapai 0 – 400 mdpl. Untuk suhu optimalnya sekitar 25 derajat celcius sampai 30 derajat celcius atau bisa juga rata – rata 20 derajat celcius. Daerah yang memiliki curah hujan sekitar 100 – 1.200 mm per bulannya cocok untuk ditanami pohon Jeruk Ponkam ini. Pohon Jeruk Ponkam ini nantinya membutuhkan 3 bulan masa kering dalam perkembangannya. Lokasi pembudidayaan nya pun juga harus diperhatikan , pohon Jeruk Ponkam ini bila ditanam di daerah dataran terlalu tinggi mengakibatkan kulit buah yang dihasilkan nanti terlalu tebal dan rasanya juga agak pahit. Hal ini yang kadang sering menjadi menurunnya peminat Jeruk Ponkam. Siapkan juga aliran drainase yang baik untuk lahan yang akan dijadikan sebagai budidaya pohon Jeruk Ponkam.

·         Tahap penentuan lokasi budidaya pohon Jeruk Ponkam

Untuk lokasi yang baik untuk budidaya pohon Jeruk Ponkam sebaiknya memiliki suhu udara yang hangat (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin). Untuk ketinggian , semua jenis Jeruk Ponkam memiliki jenis penyesuaian yang berbeda – beda terhadap ketinggian lahan. Faktor curah hujan juga sangat berpengaruh untuk pertumbuhan pohon Jeruk Ponkam ini. Untuk pohon pelindung / peneduh sebaiknya jangan menanamnya dalam jumlah yang banyak karena akan menghalangi sinar matahari yang seharusnya bisa diserap oleh pohon Jeruk Ponkam mengingat pohon Jeruk Ponkam sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup. Perhatikan juga kondisi tanah yang ada di sekitar lahan budidaya pohon Jeruk Ponkam. Tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman tentunya tinggi akan humus dan unsur hara.

·         Tahap pemilihan bibit pohon Jeruk Ponkam

Berikut ini ada beberapa tips mengenai cara memilih bibit Jeruk Ponkam yang berkualitas dan bebas dari hama dan penyakit. :

  • Pastikan bibit Jeruk Ponkam tersebut dalam kondisi yang sehat dalam arti daunnya tidak kering atau bolong – bolong, batangnya tegak, dan tidak kurus kempes.
  • Pastikan bibit pohon Jeruk Ponkam yang akan dipilih nanti sesuai dengan induknya, akan lebih baik bila begitu. Karena bila bibit pohon Jeruk Ponkam nantinya memiliki sifat yang baru maka cenderung tidak memiliki kualitas unggul.
  • Perhatikan juga akar yang dimiliki oleh bibit pohon Jeruk Ponkam, apabila pohon Jeruk Ponkam tersebut berakar serabut pilihlah akar serabut yang lebat, sedangkan apabila bibit pohon Jeruk Ponkam memiliki akar tunggang pilih akar tunggang yang ukurannya sedang.
  • Untuk tips yang terakhir hendaknya kita pilih – pilih para petani yang menjual bibit pohon Jeruk Ponkam. Karena di masa sekarang ini banyak sekali penipuan yang merugikan para pembeli bibit pohon Jeruk Ponkam. Untuk itu pastikan penjual bibit yang kita datangi itu sudah terpercaya.

Proses penanaman bibit pohon Jeruk Ponkam

Proses penanaman bibit pohon Jeruk Ponkam baik dilakukan pada saat awal memasuki musim penghujan (sekitar bulan Oktober – Desember). Untuk ukuran lubang tanam yang ideal untuk bibit pohon Jeruk Ponkam adalah 30 cm x 30 cm x 30 cm. Siapkan juga jarak tanam per bibit pohon Jeruk Ponkam dengan ukuran jarak 5 m x 5 m.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>